Pengalaman Perubahan Daya Listrik

Ada yang pernah berpengalaman berhubungan dengan PLN untuk menambah daya listrik dirumahnya? kali ini saya mau berbagi pengalaman saya ya, semoga bisa membantu bagi yang berniat untuk menambah daya listrik dirumah, biar gak ngejebret lagi atau biar leluasa pake peralatan elektroniknya.

Sebenarnya niat untuk menambah daya listrik sudah lama saya dan popo bahas, tapi karena selalu ada aja kebutuhan lain yang lebih mendesak dan karena terbayang akan repot harus ke PLN dengan persyaratan adinistrasi yang banyak akhirnya masih sebatas niat saja. Sampailah pada suatu hari, disaat popo sedang tidak dirumah, listrik rumah ngejebret beberapa kali padahal tidak ada penambahan beban, tidak ada peralatan elektronik yang baru, bahkan hanya TV dan lemari es yang menyala. Hal itu terjadi berulang-ulang dan pada waktu malam juga terjadi. Saya periksa MCB di bagian dalam rumah, ternyata panas dan agak gosong.

Saya berpikiran mumngkin salah satu MCB ini beban nya terlalu besar (rangkaian listrik di rumah saya di bagi menjadi 2). Karena sedang sendirian, saya tidak berani mengutak atik MCB tersebut. Jadi saya inisiatif aja telepon ke (nomor kode daerah) 123, nomor layanan pelanggan PLN dan berniat menanyakan syarat-syarat penambahan daya listrik. Saya dibantu dengan agent yang cukup ramah dan memberitahukan beberapa persyaratannya yaitu
1. Nomor KTP, serta nama, dan ID pelanggan
2. Alamat rumah yang akan di tambah daya
3. FC KTP (nanti akan di ambil oleh petugas PLN)
4. Materai 6000 (nanti akan di ambil oleh petugas PLN)
5. Membayar biaya administrasi penambahan daya listrik serta jumlah kwh listrik yang akan di isi nantinya setelah terjadi penambahan daya (dengan nominal terkecil 5ribu dan kita boleh memilih nominal berapa yang akan kita beli)

Karena persyaratan sudah saya persiapkan, jadi saya berniat untuk langsung mengajukan permohonan dan ternyata bisa langsung dilayani melalui layanan pelanggan. Setelah proses pendataan selesai dilakukan dan saya dibertahukan nominal yang harus saya bayarkan (saat itu sekitar 400ribu dengan pulsa listrik senilai 50ribu) dan bisa dibayarkan melalui ATM ataupun kantor pos. Kemudian saya di suruh menunggu paling lama 1 minggu untuk kemudian didatangi petugas teknisi PLN.

Belum satu minggu, ternyata pulsa listrik dibawah 5 kwh dan saya melakukan pengisian ulang pulsa listrik tetapi masih gagal setelah di ulang beberapa kali. Saya hubungi lagi layanan pelanggan PLN dan di sarankan saya mencoba melakukan pengisian pulsa listrik dengan nominal yang berbeda, jika masih tidak bisa disarankan menunggu sampai esok hari. Semakin siang, kwh listrik semakin menipis tetapi masih belum bisa dilakukan pengisian ulang. Kembalilah saya hubungi layanan pelanggan, dan ketemulah sumber masalahnya. Ternyata di sistem, daya listrik saya sudah dinaikkan menjadi 1300watt sedangkan fisik di rumah saya belum dilakukan perubahan pengaturan oleh petugas lapangan.

Beberapa saat kemudian petugas PLN datang, membantu pengaturan perubahan daya dengan memasukkan beberapa kode 12 angka serta menggati MCB menjadi 6 ampere. Kemudian dibantu input angka pulsa listrik yang saya beli malam sebelumnya, dan berhasil. Akhirnya daya sudah bertambah, pulsa listriknya pun juga berhasil diisi. Ternyata tidak perlu repot sama sekali karena saya hanya tinggaal tunggu dirumah saja. Hanya memerlukan sedikit kesabaran karena harus menghubungi layanan pelanggan berkali-kali. Tapi saya puas sekali akan layanan dan kemudahan yang diberikan oleh PLN sekarang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Senja Di Bumi Borneo

Tanjung Bira, Bulukumba, South Sulawesi

Selamatkan Anak Kita dari Trauma Psikologis